Indonesia memiliki banyak daerah destinasi wisata. Mulai dari ujung barat hingga ujung timur daerah-daerah yang memiliki daya tarik wisata ini selalu ramai dengan kunjungan para wisatawan. Untuk destinasi wisata pulau dan pantai eksotis, ada beberapa daerah yang bisa menjadi pilihan. Yang paling terkenal adalah Pulau Bali. Daerah lainnya yang juga terkenal akan daya tarik wisatanya adalah Pulau Lombok.

Namun kali ini kita tidak sedang membicarakan Pulau Bali dan Lombok. Daerah wisata yang satu ini terkenal dengan Pulau Komodo yang menjadi salah satu situs warisan dunia. Namanya Labuan Bajo, merupakan salah satu daerah di Nusa Tenggara Timur yang saat ini banyak dijadikan tujuan wisata oleh para wisatawan. Pulau di Labuan Bajo begitu indah dikelilingi dengan bahari Indonesia yang luar biasa.

Pulau di Labuan Bajo begitu indah dengan balutan pemandangan dan lautan yang jarang ditemukan di daerah lainnya. Pesona Labuan Bajo memang tidak perlu diragukan lagi. Ada beragam destinasi objek wisata Labuan Bajo yang bisa membuat mata terbelalak lebar. Bukan hanya menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Namun juga keunikan budaya yang tidak ada duanya.

Saat ini Labuan Bajo sudah banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan lokal maupun wisatawan internasional sehingga berbagai fasilitas-pun sudah mulai tersedia. Memang wajar, karena pesona alam yang indah Labuan bajo menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan.

1. Pulau Padar

Siapa yang belum pernah mendengar nama pulau Padar? Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di Kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Keindahan alam yang membentang luar biasa eksotis dapat Anda saksikan dari puncak bukit di pulau ini. Bebukitan menjulang di seisi pulau, lautan biru nan luas, dan pantai berpasir putih di bawah sana. Sudah pasti membuat siapa pun terpukau.

Pulau Padar Sunset ( takaitu.com )
Pulau Padar ( takaitu.com )

2. Pulau Rinca

Selanjutnya adalah pulau Rinca, yang merupakan tetangga dekat dari pulau Komodo. Disini, selain disuguhi pemandangan alam, pengunjung juga bisa menyaksikan langsung si primadona, yakni komodo. Untuk bisa menjelajahi pulau ini, Anda membutuhkan stamina yang kuat. Karena harus trekking naik turun bukit, supaya bisa menikmati keindahannya.

3. Pulau Komodo

Komodo island merupakan spot utama dimana wisatawan bisa melihat Komodo. Menurut data terakhir, ada sekitar seribu tiga ratus ekor Komodo yang berdiam disini. Selain itu, pulau ini juga ditumbuhi berbagai tumbuhan eksotis, seperti kayu sepang. Berbeda dengan pulau Rinca, untuk menemukan Komodo disini, maka pengunjung harus keluar masuk hutan.

4. Danau Kelimutu

Destinasi populer lain yang ada di Labuan Bajo adalah Danau Kelimutu. Karena di musim-musim tertentu, maka air di danau ini akan berubah warna. Untuk menikmati fenomena unik ini, Anda diharuskan untuk mendaki bukit yang cukup tinggi. Pesona Kelimutu sendiri sudah tersohor hingga ke seluruh belahan dunia.

5. Wae Rebo

Bagi pecinta budaya, maka wajib mengunjungi Wae Rebo. Desa adat ini memiliki keunikan yang tidak ada duanya. Terletak di area perbukitan hijau yang indah pada ketinggian sekitar 1.200 meter. Deretan rumah adat tradisional Manggarai yang tersusun rapi akan menghipnotis pengunjung. Disini, Anda bisa belajar seluk beluk suku Manggarai.

6. Gili Laba

Berlibur ke Flores tentu tidak lengkap kalau belum mengunjungi Gili Laba. Terkenal dengan nama Gili Lawa Darat, tempat ini memiliki point view untuk menikmati eksotisme alam Sumba. Bebukitan savana ini akan membuat Anda tidak merasa lelah meskipun mendaki cukup tinggi. Dari puncak, Anda bisa melihat lautan dan pulau lain di kejauhan sana.

7. Gua Buaya

Meskipun namanya tidak se populer pulau Padar, maupun Rinca. Namun keindahan Gua Buaya ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Tidak seperti gua lainnya, Rangko memiliki kolam air asin di dalamnya. Hawa yang sejuk, stalaktit beraneka rupa yang tergantung di langit gua, dan sebuah kolam jernih berwarna kebiruan. Anda pasti akan jatuh cinta dengan gua ini.

8. Pink Beach

Pantai dengan pasir berwarna merah muda tidah hanya dimiliki oleh pulau Bali dan Lombok tetapi destinasi wisata Labuan Bajo pun memilikinya. Pantai ini terletak di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat.

Warna pasir merah muda berasal dari hewan yang bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah muda pada koral. Koral-koral tersebut terbara oleh gelombang menuju pasir lalu hancur menjadi serpihan yang kini menjadi pasir pantai.

Wisata Labuan Bajo
Wisata Labuan Bajo ( Instagram : @hendrickhartono )

Meskipun wisata pantai satu ini anti mainstream, namun tetap worth to visit. Keindahan Pink beach dengan butiran pasir berwarna merah muda. Dan kombinasi air laut berwarna hijau kebiruan. Pasti akan membuat semua penat hilang seketika. Disini, Anda bisa menghabiskan waktu dengan berenang, maupun sekadar bersantai di bibir pantai.

9. Pulau Kelor

Objek wisata Labuan Bajo terakhir yang sangat recommended untuk dikunjungi adalah pulau Kelor. Perlu diingat, kalau Kelor island di Flores ini berbeda dengan yang ada di Jakarta. Keindahan pulau Kelor yang memiliki pantai berpasir putih ini juga nyaris sama dengan Komodo, Rinca, dan Padar island. Hanya saja, tidak dihuni oleh Komodo.

Demikian ulasan mengenai informasi-informasi unik dan menarik mengenai objek wisata Labuan Bajo yang paling populer. Semoga bisa menambah referensi berwisata dan menghibur Anda. Simak juga ulasan-ulasan menarik lainnya mengenai informasi-informasi dan tips-tips berwisata di First Labuan Bajo di halaman Labuan Bajo Tour. Selamat menikmati wisata Anda!

Chat WhatsApp whatsapp