7 Tempat Romantis di Labuan Bajo Untuk Dikunjungi bersama Pasangan – Jangan kira hanya Lombok dan Bali yang mampu mewujudkan liburan romantis untuk pasangan Anda. Labuan Bajo yang terletak di Nusa Tenggara Timur, juga tak mau kalah dalam menawarkan destinasi romantis dengan panorama eksotis. 

Mulai dari panorama perbukitan, area selam, pantai, hingga perkampungan adatanya, semakin mempertegas pesona Labuan Bajo. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menjadikan Labuan Bajo sebagai tujuan dari destinasi wisata romantis bersama pasangan Anda. Berikut beberapa rekomendasi tempat romantis untuk dikunjungi bersama pasangan Anda :  

1. Tempat Romantis di Labuan Bajo Pertama Adalah Pulau Kanawa

Pulau Kanawa, pulau kecil dengan alam yang eksotis merupakan salah satu destinasi pariwisata favorit di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau Kanawa berjarak kurang lebih 15 Kilometer dari Labuan Bajo, Ibu Kota Manggarai Barat. Pulau Kanawa menjadi salah satu tempat rekomendasi yang cocok untuk Anda jika berlibur dengan Pasangan.

Lokasi Pulau Kanawa yang terpencil dengan belum banyaknya wisatawan dan suasananya yang tenang dan damai membuatnya cocok dijadikan sebagai tujuan wisata berbulan madu. Pulau Kanawa memiliki luas 32 hektar menyajikan pemandangan alam dan kehidupan bawah laut yang sangat mempesona sehingga terlihat seperti pulau pribadi. 

Pantai dengan pasir putih dan halus, air laut biru yang jernih memungkinkan Anda untuk menikmati ekosistem laut yang beragam seperti terumbu karang dan aneka jenis ikan, dan bukit kecil dengan rerumputan berwarna coklat membuat siapapun yang melihatnya akan sangat jatuh cinta. 

2. Pink Beach

Sesuai dengan namanya, Pantai Pink ini memiliki keunikan warna pasir yang berwarna merah. Pantai Pink ini terletak di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Selain menarikan panorama keindahan pantai dengan pasir berwarna pink, pantai ini juga menawarkan keindahan panorama bawah lautnya. 

Tempat Romantis Labuan Bajo
Tempat Romantis Labuan Bajo ( Instagram : @hendrickhartono )

Pasir pantai yang berwarna pink adalah berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang menuju pesisir lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang kini menjadi pasir pantai.

Warna pink tidak hanya di satu titik saja, namun sepanjang garis pantai di Pulau Komodo memiliki warna pasir yang pink kemerahan. Hal ini membuktikan bahwa di wilayah ini terdapat hewan Foraminifera dalam jumlah yang cukup banyak. Pencampuran antara koral merah dan pasir kristal putih lah yang menyebabkan warnanya menjadi pink.

Pantai Pink ini sangat menarik untuk dikunjungi, apalagi jika bersama pasangan. Selain bersantai menikmati panorama yang memukau, Anda bisa menghabiskan waktu untuk berphoto dengan pasangan Anda sebagai koleksi pribadi.  

3. Bukit Cinta

Tempat Romantis di Labuan Bajo selanjutnya adalah Bukit Cinta . Bukit Cinta memiliki suasana romantic sunset yang begitu indah. Tak jarang momen tersebut dimanfaatkan oleh pasangan muda mudi untuk berphoto bersama. Menuju ke Bukit Cinta, wisatawan memerlukan waktu sekitar 30 menit perjalanan ke arah utara dari Labuan Bajo. Perjalanan menuju Bukit Cinta cenderung menanjak, perlu usaha untuk mencapai puncak Bukit Cinta.

Tempat Romantis Labuan Bajo
Tempat Romantis Labuan Bajo ( Instagaram : @imbajaya)

Menjelang senja, banyak wisatawan yang mengabadikan momen sunset di Bukit Cinta. Laut nan biru dengan kapal lalu lalang, deretan pepohonan,bukit-bukit hijau akan memanjakan mata setiap wisatawan. Sesuai dengan namanya, siapapun yang sudah berada di bukit ini akan menjadi jatuh cinta dengan pemandangan yang ada di bukit ini. 

4. Pulau Kelor

Destinasi lain yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Flores atau Labuan Bajo adalah Pulau Kelor. Berlokasi di Kabupaten Manggarai, objek wisata ini akan memanjakan Anda dan pasangan dengan keindahan pulaunya.

Selain bisa bersantai dan rehat sejenak dari bisingnya suasana perkotaan, pulau ini bisa dijadikan sebagai lokasi terbaik untuk mengabadikan momen romantis bersama pasangan. Keindahan alam Pulau Kelor pasti akan menjadi latar belakang berfoto yang indah dan mengesankan.

5. Blue Parot

Belum lengkap jika membahas tempat romantis tanpa penginapan. Blue Parrot merupakan penginapan yang terletak kurang lebih 5 menit perjalan dari Pelabuhan Labuan Bajo. Tempat ini menjadi salah satu rekomendasi tempat romantis karena memiliki teras tepi yang memungkinkan pengunjung  untuk menyaksikan pemandangan laut dengan keindahaan yang maksimal.  

Pasangan pengantin baru yang masih bingung memilih lokasi bulan madu tampaknya wajib mempertimbangkan Labuan Bajo. Lokasinya mudah dijangkau, banyak destinasi wisata alam yang asri, serta jangan lupakan salah satu keajaiban dunia yang menghuni pulau ini.

6. Golo Hilltop

Selain Blue Parot, penginapan romantis yang menjadi rekomendasi selanjutnya adalah Golo Hilltop. Golo Hilltop yang terletak di puncak bukit memungkinkan Anda menikmati pemandangan laut lepas dan hutan hijau di sekelilingnya.   

7. Manta Point 

Jika Anda dan pasangan sama-sama menyukai aktivitas menyelam, Labuan Bajo memiliki beragam spot yang bisa digunakan untuk snorkeling dan diving seperti Manta Point. Untuk itu, bagi anda yang menyukai aktivitas tersebut bisa mengunjungi Mantap Point. Lokasi yang dianggap memiliki panorama bawah laut terbaik di Labuan Bajo ini menjadi habitat bagi beragam satwa langka yang dilindungi.

Di objek wisata ini, Anda dapat menjumpai Manta Ray, salah satu satwa air langka dan dilindungi. Melihat kehidupan sekumpulan Manta Ray di habitat aslinya tentu akan menjadi momen liburan yang berkesan bersama pasangan.

Dan tentunya sebelum berwisata bersama pasangan Anda, jangan lupa untuk menyiapkan segala kebutuhan wisata anda dengan baik. Memanfaatkan paket wisata labuan bajo tour yang telah tersedia untuk meminimalisir budget yang harus dikeluarkan.


Chat WhatsApp whatsapp