Pesona Gua Rangko, Destinasi Wisata Air dengan Suasana Tenang dan Damai – Bagi sebagian orang berliburan adalah hal yang sangat penting. Dengan berlibur, kita seakan meninggalkan sejenak rutinnitas perkantoran, kebisingan suara kendaraan yang menggaung dalam telinga, terpaan debu polusi yang menempel ke permukaan kulit, serta hal-hal lainnya yang terasa begitu monoton tiap harinya.

Namun hal tersebut terasa begitu sia-sia dan timbul rasa kecewa jika suasana liburan yang Anda dapatkan tidak dapat menghilangkan sejenak suasana rutinitas keseharian tersebut. Alih-alih mendapatkan suasana tenang dan damai, justru mendapatkan suasana yang ramai dan bising, dikarenakan ramainya pengunjung yang sedang berlibur juga.

Untuk itu bagi Anda yang sedang mendamba-dambakan keinginan untuk berlibur dengan suasana yang tenang dan damai, datanglah ke Gua Rangko yang terletak di Desa Rangko, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Gua Rangko menawarkan pesona gua laut dengan mata air biru nan jernih. Suasana yang sunyi dengan suhu udara yang sejuk dia dalam Gua siap membius untuk menghilangkan sejenak suasana rutinitas keseharian Anda.

Gua Rangko dihiasi dengan koral-koral yang menawan, Anda dapat berendam dan mengambil photo dari atas bebatuan. Untuk sampai di lokasi Gua Rangko, Anda harus menyewa perahu dengan biaya sekitar 300 ribu.

Pesona Gua Rangko bagai Kolam Pribadi  

Uniknya jika Anda berkunjung ke Gua Rangko, Anda akan mendapatkan sensasi serasa mandi di kolam pribadi, karena memang wisata yang satu ini jika dibandingkan dengan wisata labuan bajo lainnya terbilang baru sehingga sedikit wisata yang mengunjungi tempat ini.

Selain sensai serasa kolam pribadi, Pesona Gua Rangko menawarkan keheningan bagi pengunjungnya yang datang untuk menikmati kesegaran air yang ada. Air yang ada dalam kawasan gua ini adalah air asin. Menurut informasi, air ini berasal dari air laut yang masuk melalui celah atau ronga-ronga yang menghubungakn kolam dengan laut lepas.

Pesona Gua Rangko
Pesona Gua Rangko ( Instagram : @ nofilterindonesia)

Pada bagian atas Gua Rangko terdapat ornamen-ornamen stalakit yang tampak begitu indah. Ornamen tersebut memiliki bentuk beragam dan tidak beratuan. Di dalam kawasan tersebut juga tidak terdapat kelelawar sehingga menambah suasana ketenangan dalam gua.

Pada bagian bawah Gua Rangko terdapat koral-koral yang menawan siap memanjakan mata bagi para pengunjung yang datang. Itulah beberapa daya tarik Gua Rangko yang siap membius kesadaran Anda untuk melupakan sejenak suasana rutinitas keseharian di Perkotaan.

Fasilitas Gua Rangko

Gua Rangko terbilang wisata alam yang masih baru jika dibandingkan denga wisata alam lainnya yang ada di Labuan Bajo, sehingga masih belum terdapat fasilitas yang memadai untuk mendukung para pengunjung.

Bagi Anda yang mengunjungi Gua Rangko disarankan untuk membawa makanan, minuman, obat-obatan, dan segala kebutuhan pribadi dibutuhkan.      

Lokasi dan Rute

Gua Rongko Terletak di desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Untuk sampai ke lokasi Anda bisa menempuh rute adalah dimulai dari Pelabuan Bajo. Untuk Kendaraan para pengunjung bisa menyewa perahu kayu atau kapal. Jika menggunakan perahu kayu, waktu yang dibuthkan untuk sampai ke lokasi sekitar 1,5 jam sementara kapal hanya berkisar sekitar 30 menit.

Setelah tiba di kecamatan Boleng, maka pengunjung perlu menyewa kembali kendaraan penduduk lokal yang umumnya berupa motor. Tidak ada angkutan umum menuju Gua tersebut. Perjalanan bisa memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Setibanya di desa Rangko, pengunjung masih harus pergi ke gua tersebut menggunakan perahu selama 10 menit perjalanan.

Jam Buka dan Harga Tiket

Gua Rangko belum memiliki restribusi resmi mengenai jam buka dan juga harga tiket masuk wisata. Anda dapat berkunjung kapan saja, namun hal yang perlu diperhatiakan untuk mencapai Gua Anda harus menyewa perahu yang hanya bisa beroperasi di saat-saat tertentu ketika nelayan tidak berburu ikan.

Waktu Kunjungan Terbaik

Bagi para wisatawan yang ingin merasakan pesona Gua Rangko disarankan untuk berkunjung pada waktu siang. Suasana terbaik ada pada siang hari sekitar pukul 12.00 sampai pukul 14.00. Pada waktu tersebut cahaya matahari akan masuk ke dalam lubang Gua sehingga memunculkan iluminasi pada dinding-dindingnya dan keadaan di dalam Gua pun menjadi lebih terang.

Demikian ulasan terkait Pesona Gua Rangko. Gua Rangko bisa menjadi lokasi yang direkomendasikan untuk lokasi berlibur bagai Anda yang menginginkan destinasi wisata suasana tenang dan damai. Memanfaatkan paket wisata labuan bajo tour yang telah tersedia  untuk meminimalisir budget yang harus dikeluarkan.

Chat WhatsApp whatsapp