Sebagai salah satu destinasi yang cukup menyedot perhatian. Pulau Komodo yang termasuk kedalam paket wisata Labuan Bajo Tour memang menawarkan beragam hal menarik yang membuat siapa pun ingin segera angkat koper dan berangkat kesana. Bukan hanya menyajikan bentangan alam yang indah. Pengunjung juga akan disuguhi beragam fenomena alam yang unik, dan artistik. Yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Kami berhasil mengumpulkan beberapa informasi menarik mengenai destinasi wisata Pulau Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Barat, untuk itu simak ulasan berikut dibawah ini.

1. Masuk Daftar 10 Besar Tujuan Wisata Terbaik Dunia

Informasi menarik pulau komodo pertama adalah masuknya ke dalam daftar 10 besar tujuan wisata terbaik dunia. Pada tahun 2017 lalu, National Geographic Magazine edisi Juli menetapkan Komodo Island sebagai salah satu tujuan wisata terbaik dunia. Yang mana bukan hanya menjadi favorit banyak traveller, namun juga memiliki garis keindahan alam unik. Dan bahkan mungkin tidak ada duanya. Jadi wajar, kalau pulau ini masuk dalam daftar 10 besar.

2. Habitat Alami Hewan Langka dari Zaman Purba

Seperti diketahui bersama, bahwa komodo merupakan salah satu hewan kuno yang masih eksis hingga saat ini. Kadal berukuran raksasa tersebut memiliki habitat alami di Komodo Island, dan juga Rinca. Tidak main-main, jumlah komodo yang ada disini mencapai jumlah hingga 2.500 ekor. Dimana eksistensi komodo jugalah yang membuat pulau ini terkenal.

Informasi Pulau Komodo
Pulau Komodo ( Shutterstock/Sergey Uryadnikov )

Keberadaan komodo yang berasal dari zaman purba sudah tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Setiap orang dari penjuru dunia berbondong-bondong untuk menyaksikan hewan tersebut dengan mata kepalanya sendiri. Selain itu, keindahan yang ditawarkan oleh Komodo Island juga menjadi nilai plus-nya.

3. Wilayah Perairan yang Unik

Mungkin masih banyak orang yang belum menyadari akan hal ini. Namun Komodo Island ini merupakan titik pertemuan, antara air yang mengalir dari Selatan ke Utara. Dimana perairan bagian Selatan berasal dari laut dingin, karena membawa arus Samudera Indonesia. Sementara bagian Utara memiliki sifat hangat, karena berasal dari Laut Flores, dan Banda.

4. Destinasi Tujuan untuk Penelitian

Taman Nasional Komodo memang merupakan bentangan alam yang sangat indah. Tidak mengherankan jika banyak yang kemudian jatuh cinta pada tempat ini. Meskipun begitu, faktanya Komodo Island juga menjadi tempat favorit para ilmuwan untuk melakukan penelitian. Khususnya mengamati perkembangan komodo yang berdiam disini.

Sebagai hewan yang berasal dari zaman kuno, komodo memang menjadi sebuah objek penelitian yang sangat menarik. Terutama karena kemampuannya dalam bertahan melawan perubahan zaman. Sementara lebih dari 90% hewan purba sudah mengalami kepunahan pada saat ini.

5. Memiliki Alam Bawah Laut yang Eksotis

Faktanya, eksotisme Komodo Island bukan hanya sekadar apa yang tampak di permukaan. Jika Anda menyelami bawah laut di pulau ini, maka bibir akan sulit untuk berhenti berdecak kagum. Komodo Island merupakan salah satu destinasi yang mempunyai pemandangan laut paling indah di Indonesia.

Bagi yang suka terhadap aktivitas bawah air, seperti snorkeling, dan diving. Jangan lupa menyempatkan diri untuk mengunjungi pulau satu ini. Lebih kurang ada 253 terumbu karang, dan juga ribuan spesies ikan yang ada disini. Menariknya lagi, kalau beruntung Anda juga bisa menyaksikan hewan langka. Contohnya adalah dugong, paus, penyu, dan sebagainya.

Jika Anda ingin melakukan aktivitas snorkeling atau diving terdapat rekomedasi tempat yang sangat populer yakni Manta Point. Manta Point merupakan spot menyelam terbaik yang dimiliki oleh destinasi wisata Labuan Bajo Tour.

Manta Point terletak di Tepi wilayah Loh Liang, Taman Nasional Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk sampai ke Loh Liang Anda bisa menggunakan kapal yang telah tersedia di Pelabuhan atau menggunakan paket wisata Labuan Bajo Tour.

Informasi Pulau Komodo
Manta Rays ( @isntagram : soulwaterproductions )

Waktu yang akan Anda habiskan untuk bisa sampai lokasi sekitar 4,5 jam perjalanan dari pelabuan Labuan Bajo. Selain dari pelabuhan Labuan Bajo, Manta Point juga bisa ditempuh melalui Pantai Pink. Perjalanan menghabisakan sekitar 25 menit dari lokasi Pantai Pink dengan menggunakan kapal kayu.

Selain keindahan panorama alam bawah laut yang menawa, daya tarik utama dari spot menyelam Manta Point ini adalah terdapatnya satwa langka yakni Manta Rays. Inilah yang membuat banyak para wisatawan berdatangan untuk menyelam dan berinteraksi secara langsung.

Tidak hanya melihat secara langsung, pengunjung juga bisa memberikan makanan secara langsung apabila memiliki keberanian yang lebih. Manta Rays yang terdapat di Labuan Bajo memiliki ukurang tubuh sekitar 3 meter.

Dimana Ada Manta Rays disitu ada ubur-ubur. Ibarat kata sambil menyelam minum air, ketika Anda mengunjungi Manta Point, tidak hanya Manta Rays yang akan anda jumpai tetapi ubur-ubur juga karena ubur-ubur merupakan makanan utama Manta Rays.

Bagaimana tertarik untuk melakukan aktivitas Labuan Bajo Tour ? tidak hanya pesona daratan saja loh yang memukau, bawah laut pun tidak kalah indah. Bagi Anda yang membutuhkan informasi terkait paket wisata Labuan Bajo Tour, jangan sungkan untuk menghubungi kami di nomor yang telah tertera di lawan website kami ya.

6. Masuk Daftar Situs Warisan Budaya Dunia

Sejak tahun 1991 lalu, pihak UNESCO sudah mengukuhkan Taman Nasional Komodo. Sebagai satu dari beberapa warisan dunia. Hal ini tentunya tidak terlepas dari keindahan alam Komodo Island. Dan juga keberadaan komodo yang tidak dapat ditemukan di belahan dunia mana pun. Jadi, wajar saja kalau Komodo Island masuk di situs UNESCO.

7. Garis Pantai Unik

Selain menyuguhkan keindahan berupa alam perbukitan, dan bawah laut yang luar biasa cantik. Pulau Komodo juga mempunyai kawasan wisata pantai mempesona. Satu di antaranya adalah Pink Beach. Yang merupakan spot paling populer di Taman Nasional Komodo.

Itulah beberapa ulasan mengenai informasi menarik tentang pulau komodo. Pulau Komodo memang tidak bisa dipandang sebelah mata, keindahan alam darat maupun bawah lautnya mengharuskan Anda untuk memasukkannya kedalam list daftar kunjungan wisata Anda.

Berkunjung ke Labuan Bajo bisa dilakukan sendiri ataupun beramai-ramai. Jika Anda kesulitan dalam melakukan perjalan ke Labuan Bajo, jangan khawatir saat ini sudah banyak jasa travel yang mengelola paket wisata Labuan Bajo Tour di sana.

WhatsApp chat