Aktivitas Wisata Pilihan di Pulau Komodo – Kepulauan Nusa Tenggara Timur menyimpan sejuta alam yang membuat mata terpukau. Secara geografis, Kepulauan Nusa Tenggara Timur berada di sebelah timur Pulau Sumbawa. 

Diantara banyaknya pulau yang ada di Kepulauan Nusa Tenggara Timur, ada sebuah pulau yang menarik untuk Anda Kunjungi yaitu Pulau Komodo. Pulau Komodo merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Diantara banyaknya pulau yang ada di Kepulauan Nusa Tenggara Timur, ada sebuah pulau yang menarik untuk Anda Kunjungi yaitu Pulau Komodo. Pulau Komodo merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Aktivitas Wisata Pilihan di Pulau Komodo

Termasuk ke dalam Taman Nasional Komodo, terhubung dengan Labuan Bajo melalui penerbagan dan live aboards. Kunjungan wisatawan tercatat mencapai jumlah 184.200 orang dengan persentase 55,7 % merupakan wisatawan mancanegara.

Aktivitas wisata pilihan di Pulau Komodo yang utama yaitu melihat hewan komodo secara langsung. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan pantai, menikmati keindahan bawah laut, melihat kura-kura dalam jumlah yang banyak, terumbu karang, biota laut melalui snorkeling dan diving, mendaki bukit dengan pemandangan Pulau Komodo dari ketinggian.   

Melihat Komodo Secara Langsung

Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo merupakan pulau yang juga menjadi habitat hewan langkah di negeri ini. Aktivitas wisata pilihan di Pulau Komodo ini tentu saja melihat secara langsung hewan komodo, bagaimana fisiknya dan segala aktivitas hidupnya. 

Selain mengamati bentuk fisik dan aktivitasnya, wisatawan juga bisa berinteraksi dengan hewan purba satu ini, tetapi berinteraksi dengan satwa bercakar tajam ini, Anda harus didampingi dengan ranger. Wisatawan juga bisa berphoto dengan kadal raksasa ini dengan bantuan ranger yang membuatnya terlihat dekat. 

Berada di Taman Nasional Komodo, pendirianya bertujuan untuk melindungi dan melestarikan komodo dari kepunahan. Menurut data statistik UNESCO, saat ini ada sekitar 5.700 komodo yang tersisa di pulau ini. Keberadaannya makin tahun makin menyusut.

Tentu mengasyikkan bila kita bisa melihat langsung kehidupan hewan yang dilindungi negara ini. Bukan hanya di Pulau Komodo, habitat komodo juga ada di pulau yang berdekatan dengannya. Seperti di Pulau Rinca.

Di Pulau Rinca, para wisatawan bisa berkunjung ke Loh Liang. Wisatawan bisa menemukan dan mengamati aktivitas keseharian hewan komodo yang hidup lepas dengan bebas. Jika beruntung, wisatawan dapat melihat secara langsung pertarungan antara komodo jantan untuk memperebutkan komodo betina. 

Menikmati Keindahan Panorama Alam Sekitar

Selain aktivitas melihat satwa langka, Pulau Komodo menawarkan keindahan dari eksotisme panorama alam sekitarnya. Selama perjalanan menuju Pulau Komodo, wisatawan akan menemukan banyak terdapat pulau-pulau kecilnya di dekatnya yang memiliki air laut berwarna biru jernih dan bersih.

Wisata Pulau Komodo
Pantai Labuan Bajo ( instagram : @gebput )

Menyusuri Keunikan Pantai Pink

Pantai Pink adalah salah satu pesona bahari Indonesia yang menjadi salah satu incaran destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Pink ini memiliki keunikan warna pasir yang tidak bisa didapatkan di pantai-pantai lainnya. Salah satu pantai yang terkenal memiliki pasir pantai berwarna pink adalah Lombok. 

Aktivitas Wisata Pilihan di Pulau Komodo
Pantai Pink ( Instagram : @Hendrickhartono )

Meski begitu, Pantai Pink Lombok bukanlah satu-satunya. Pulau Komodo juga mempunyai Pantai Pink, sebuah pantai menawan dengan pasir berwarna pink. Lokasi ini adalah salah satu destinasi wisata bahari yang diidam-idamkan banyak wisatawan. Berjalan santai menyusuri Pantai Pink, wisatawan akan merasa seperti berada di Balos Lagoon, Yunani.

Pasir panta yang berwarna pink adalah berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang menuju pesisir lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang kini menjadi pasir pantai.

Warna pink tidak hanya di satu titik saja, namun sepanjang garis pantai di Pulau Komodo memiliki warna pasir yang pink kemerahan. Hal ini membuktikan bahwa di wilayah ini terdapat hewan Foraminifera dalam jumlah yang cukup banyak. Pencampuran antara koral merah dan pasir kristal putih lah yang menyebabkan warnanya menjadi pink.

Snorkeling dan Diving

Saat wisatawan memilih snorkeling sebagai aktivitas wisata utama saat berlibur di pantai yang terdapat di Pulau Komodo, maka mereka akan dimanjakan dengan suguhan keindahan terumbu karang, berbagai macam koral, spesies ikan, dan airnya yang jernih kebiruan. Karang-karang tersaji memukau beragam bentuk, mulai berwujud jamur, berbalut lapisan ungu, serta yang melambai-lambai.

Wisata Pulau Komodo
Keindahan Permukaan Laut ( instagram : @ariefdennynugroho )

Bagi pecinta olahraga air, lokasi ini adalah surga scuba diving yang sangat mempesona. Di sejumlah titik, keindahan alam bawah lautnya bahkan disejajarkan dengan spot terkenal dunia. Seperti Great Barrier Reef di Australia, hingga Reserve System Belize dan Galapagos di Ekuador.

Snorkeling maupun diving dapat dilakukan di Manta Point untuk berenang bersama ikan Manta. Wisatawan juga dapat berenang bersama kura-kura dan hiu dengan menyelam di Batu Samsia. Atau menyelam di Crystal Rock bersama Ikan Barramundi, Parrotfish dan berbagai ikan khas Komodo.

Menunggu Momen Sunset

Momen Sunset (matahari terbenam) merupakan saat yang tak dapat dilewatkan bagi wisatawan yang mengunjungi Pulau Komodo . Apalagi dengan pemandangan alam Pulau Komodo yang memukau. Wisatawan biasanya telah menanti saat hari mulai sore di spot-spot sunset Pulau Komodo. Salah satu spot sunset yaitu di Pantai Pink yang sangat indah. 

Berkunjung ke Pulau Sekitar 

Destinasi Wisata Labuan Bajo Tour tidaklah hanya Pulau Komodo, para wisatawan akan menemukan banyak pulau-pulau kecil yang berada disekitarnya. Diawali dari dermaga Labuan Bajo, berkeliling dari satu pulau ke pulau lainnya dapat dilakukan dengan perahu karena jarak pulau yang berdekatan.

Wisata Pulau Komodo
Pulau Padar ( Instagram : @thebalicili )

Wisatawan akan diajak mengelilingi pulau dan mengunjungi pulau-pulau kecil lainnya. Dari tujuan utama di Pulau Komodo, wisatawan dapat melanjutkan tour ke pulau-pulau di sekitarnya. Selain Pulau Komodo, Pulau Rinca, Padar, Kalong, dan lainnya memiliki pesonanya masing-masing. 

Demikian ulasan terkait aktivitas wisata pilihan di Pulau Komodo. Pulau Komodo bisa menjadi lokasi yang direkomendasikan untuk lokasi berlibur. Selain Pulau yang begitu mempesona, pemandangan yang indah, terdapat fasilitas yang memadai. Memanfaatkan paket wisata labuan bajo tour yang telah tersedia  untuk meminimalisir budget yang harus dikeluarkan.

WhatsApp chat