Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata eksotis yang paling diminati di Indonesia. Keindahan alam yang ditawarkan memang mampu membius siapa saja yang berkunjung kesana. Tidak mengherankan apabila Labuan Bajo tour juga sangat digandrungi. Baik oleh wisatawan lokal, maupun mancanegara. Tapi sayangnya, budget yang cukup mahal selalu menjadi hambatan untuk memulai labuan bajo.

Tetapi bukan lantas dengan adanya budget yang mahal membuat Anda mengurungkan niat untuk berlibur ke Labuan Bajo trip tentu ada solusinya. Solusinya adalah mengatur pengeluaran budget Anda dengan seefisien mungkin. 

Panduan Mudah Memulai Labuan Bajo Tour yang Low Budget

Liburan tidak selamanya mahal dan mengeluarkan budget yang mahal. Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan ke Labuan Bajo. Namun masih bingung karena biaya yang cukup mahal. Di bawah ini adalah beberapa tips ampuh yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi oleh pembaca.

1. Memilih Transportasi yang Tepat

Jika Anda kebetulan tinggal di luar pulau. Misalnya saja dari Jawa, maka ada 3 alternatif transportasi yang dapat dipilih. Yang pertama adalah travel by road, yaitu backpacking menggunakan bus. Kedua, memanfaatkan transportasi laut, seperti kapal. Disini, Anda bisa mulai dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Yang ketiga dengan memilih opsi transportasi udara, yaitu pesawat. Yang mana lebih mudah, praktis, dan tentunya juga cepat. Namun resikonya adalah karena tiket yang cukup mahal. Terutama jika dari Jawa, karena harus mengambil multiply flight. Dimana harus transit di bandara Ngurah Rai, Bali terlebih dahulu.

Meskipun begitu, perlu dicatat kalau perjalanan via jalur darat, maupun laut tidak menjamin kalau trip ini akan jadi lebih murah. Karena otomatis kebutuhan logistik juga meningkat. Berbeda dengan naik pesawat, dimana Anda bisa sampai ke Labuan Bajo dalam waktu beberapa jam saja.

2. Mencari Akomodasi Harga Terbaik

Selain transportasi, masalah selanjutnya adalah dalam memilih akomodasi atau tempat tinggal selama di Labuan Bajo. Apalagi kalau berencana akan stay dalam jangka waktu cukup lama. Untuk menghemat budget, maka sejak jauh hari Anda sudah harus mempertimbangkan akan tinggal dimana. Supaya tidak panik menjelang hari H.

Bagi traveler dengan budget pas-pasan, bisa menjadikan grup atau forum backpacker community sebagai alternatif solusi. Dimana Anda memiliki kesempatan untuk tinggal dengan penduduk lokal. Istilah lainnya adalah friends with benefits. Dan kalaupun harus membayar, sudah pasti tarifnya lebih rendah dibandingkan hostel, hotel, dan sejenisnya.

3. Berkunjung Saat Low Season

Dalam industri pariwisata, ada yang namanya high season ( seperti pada saat musim liburan atau pada saat event-event tertentu ) dan low season. Pada high season, maka tarif transportasi, akomodasi, dan rent lainnya bisa naik drastis. 

Untuk itu, hindarilah bepergian pada saat high season, carilah waktu untuk bepergian pada saat low season, dimana orang-orang tidak banyak berlibur. Pada low season tentu tarif transportasi, akomodasi, dan biaya lainnya akan turun. Dan bukan tidak mungkin banyak pihak pengelola yang banting harga dikarenakan sepi turis.

Labuan Bajo Tour ( Instagram : @nyomansuparta97 )

Sebagai smart traveler, Anda dituntut untuk tahu kapan waktu low season di Labuan Bajo. Dan kemudian pilihlah musim tersebut untuk melakukan perjalanan. Dengan begitu, maka momen Labuan Bajo tour yang dilakukan bisa menjadi lebih murah. Dan tetap worth it.

4. Menggunakan Travel Agent

Traveling dengan menggunakan layanan jasa dari travel agent memang selalu di cap dengan embel-embel “mahal”. Untuk traveler milenial, sebaiknya buang jauh-jauh anggapan tersebut. Karena travel agent itu tidak selalu mahal. Dan bahkan sebenarnya lebih murah, mudah, dan safety dibandingkan solo travel. Terutama saat ingin berkunjung ke tempat baru yang jauh.

Di Internet, Anda bisa dengan mudah menemukan agen perjalanan yang menawarkan tarif sangat terjangkau untuk liburan eksklusif ke Labuan Bajo. Dan bahkan beberapa di antaranya juga sudah termasuk tiket penerbangan dari Bali ke Labuan Bajo. Yang paling menarik adalah, karena harganya juga customer friendly.

Menggunakan jasa agen perjalanan sangat disarankan kepada Anda yang belum pernah traveling sendirian ke tempat jauh. Karena tidak bisa dihindarkan, kalau ketidaktahuan ini bisa membuat solo travel menjadi lebih mahal. Apalagi kalau memang kurang persiapan.

5. Cari Promo dan Diskon 

Tips yang tidak kalah penting untuk bisa traveling dengan budget minim adalah rutin mencari promo-promo. Beberapa maskapai biasanya sering melakukan promo tiket pesawat saat kondisi atau event tertentu.  

Hanya saja, kita saja yang kurang cermat dan tekun untuk mencari informasi tersebut sehingga kita tidak mengetahui jika maskapai tersebut sedang menjual tiket pesawat dengan harga promo. 

Oleh karena itu, Bagi Anda yang ingin meminimalkan budget saat berpergian, Anda harus sering-sering update informasi terkait harga tiket pesawat secara berkala sampai  menemukan harga tiket pesawat yang cocok dengan budget Anda. 

Saat ini dengan adanya internet, sangat memudahkan anda untuk bisa mengecek harga tiket pesawat kapanpun dan dimanapun. Anda bisa mengunjungi website resmi, sosial media, atau marketplace. 

Itulah beberapa ulasan terkait panduan untuk memulai Labuan Bajo tour yang low budget. Selain tips di atas ada satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah nikmatilah perjalanan liburan Anda dan carilah sebanyak mungkin pengalaman-pengalaman baru saat berpergian.

Meskipun Anda berusaha untuk berhemat  tetapi jangan sampai terlalu hemat sampai jatuhnya ke pelit, karena nantinya Anda sendiri yang akan menyesal. Selain itu tetap jaga kesehatan dan jagalah kebersihan alam saat berwisata.

Bagi Anda yang membutuhkan berbagai tips dalam berwisata ke Labuan Bajo atau bahkan ingin berkonsultasi terkait Labuan Bajo Tour, bisa menghubungi kami.  

Referensi
Feautured Image : ( Instagram : @andrianyugo )

Chat WhatsApp whatsapp