16 Kulineran Super Lezat Labuan Bajo – Rasanya hampir semua orang sudah mendengar pesona alam Labuan Bajo yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo menawarkan panorama alamnya yang indah mampu memanjakan mata siapa saja yang berkunjung ke sana. Mayoritas turis datang ke sana karena penasaran dengan keindahan alamnya dan ingin melihat komodo.

Namun, tak hanya menawarkan keindahan panorama alamnya, Labuan Bajo juga menawarkan aneka makanan khas yang super lezat yang siap memanjakan setiap lidah wisatawan. Kalau Anda berencana liburan ke Labuan Bajo masukan juga agenda wisata kuliner dalam daftar liburan.

Untuk itu, bagi Anda yang membutuhkan informasi terkait makanan khas Labuan Bajo super lezat sebgai bahan pertimabangan nantinya ketika Anda berkunjung ke Labuan Bajo, simak ulasan 16 Makan khas Labuan Bajo berikut ini : 

1. Se’i

Se’I adalah makanan khas Labuan Bajo yang terbuat dari daging sapi. Se’I dibuat melalui proses pengasapan. Dalam proses pembuatannya daging sapi dimasak dengan kayu bakar yang berjarak jauh, sehingga bukan api yang mematangkan daging, melainkan asap panas. 

Sa’i Sapi ( sintiaastarina.com )

2. Rumpe Rampe

Rumpe Rampe adalah makanan tumisan yang terbuat dari campuran berbagai tumbuhan seperti daun pepaya, bunga pepaya, buah pepaya muda, jantung pisang, dan daun ubi. Sedangkan untuk Bumbu khasnya seperti udang rebon sangrai, tomat, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa.

3. Jagung Bose

Kulineran Khas Labuan Bajo berikutnya adalah Jagung Bose. Jagung Bose adalah makanan khas di Labuan Bajo yang berbahan utama jagung dengan bahan tambahan campuran dari kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang merah.

Jagung Bose ( Instagram : @doc_kitchen )

Tidak lupa, yang menambah citarasa gurih jagung bose karena adanya tambahan santan kelapa dan bumbu penyedap rasanya yang khas. Serta yang tidak kalah penting jagung bose ternyata mengandung karbonhidrat yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

4. Catemak Jagung

Jagung Catemak berbeda dengan jagung bose, walaupun kedua masakan ini sama-sama berbahan utama jagung tetapi keduanya memiliki perbedaan. Jagung catemak adalah masakan yang berbahan dasar jagung yang ditambah dengan labu lilin dan kacang hijau.

Masakan ini ditambah dengan aneka bumbu rempah serta sedikit tambahan penyedap masakan sehingga cita rasa yang dihasilkan sangat identik dengan rasa asin yang menyegarkan.

5. Kolo

Bisa jadi ada yang asing dengan nama makanan khas Labuan Bajo yang satu ini. Kolo adalah sebutan untuk hidangan nasi bakar. Kolo biasanya dimasak didalam bambu yang nantinya ditaruh diatas bara api untuk dibakar. 

6. Sup Ikan Kuah Asem

Dikarenakan Labuan Bajo termasuk kota pesisir, tidak mengherankan Labuan Bajo banyak menghasilkan beragam tangkapan laut seperti ikan. Makanan khas Pulau Komodo memang tidak bisa dipisahkan dengan menu ikan. 

Kulineran Khas Labuan Bajo
Sup Ikan Kuah Asem ( beritagar.id )

Jika Anda berkunjung ke Labuan Bajo, maka tidak ada salahnya mencoba sup ikan kuah asam yang segar dan enak dengan kuah asam berasal dari belimbing wuluh yang dimasukkan sebagai salah bumbu.

7. Sambal Ikan Teri

Anda penggemar kulineran bercita rasa peda ? Kalau Iya, maka wajib coba sambal ikan teri. Sensasi pedas meningkatkan nafsu makan, itulah gambaran dari makanan khas Labuan Bajo yang satu ini. 

Kulineran Khas Labuan Bajo
Sambal Ikan Teri ( Instagram : @masakdanmakan2 )

Sambal ikan teri ini memiliki cita rasa yang gurih dipadukan dengan pedasnya cabai dan bumbu sambal. Anda akan mendapatkan perpaduan yang semakin lezat kalau menyantapnya sebagai lauk dari nasi kolo Labuan Bajo.

8. Seafood

Karena termasuk kota pesisir, tentu Labuan Bajo tidak akan kalah kalau masalah kulineran seafood. Labuan Bajo memiliki beragam aneka hewan laut seperti kepiting, cumi, lobster, kerang dan masih banyak lagi yang bisa Anda cicipi.

Itulah makanan khas dari Labuan Bajo yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Labuan Bajo. Kekayaan kuliner Labuan Bajo tidak kalah menariknya dari pesona alam yang dimilikinya.

Selain itu, kalau Anda ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga, kerabat dan teman-teman ada banyak pilihan jajanan. Aneka jajanan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko oleh-oleh yang ada di sana. Apa saja jajanan dan oleh-oleh khas dari Labuan Bajo tersebut? Berikut daftarnya.

9. Roti Kompiang

Roti Kompiang adalah roti khas Labuan Bajo yang terbuat dari olahan tepung terigu dengan tekstur yang cenderung keras dan dibagian atasnya diberi taburan wijen. Roti ini paling pas disantap dengan ditemani secangkir kopi hitam khas Labuan Bajo.

Kulineran Khas Labuan Bajo
Roti Kompiang ( Instagram : @kompianggajah )

10. Rebook

Rebook adalah camilan khas Labuan Bajo yang terbuat dari olahan tepung beras dan kelapa parut. Penduduk lokal disana menjadikan makanan ini sebagai cemilan. Mudahnya, cemilan rebook ini hampir sama dengan sagon di Jawa.

11. Kue Jintan

Kue Jintan adalah makanan ringan khas Labuan Bajo berupa roti kering. Kue Jintan terbuat dari bahan-bahan berupa adonan tepung, gula, mentega, telur, dan jintan. Kue Jintan biasanya disantap saat waktu bersantai-santai.  

12. Banana Cake

Banana Cake Labuan Bajo memiliki cita rasa yang tidak didapatkan di daerah lainnya. Cita rasa khas tersebut diperoleh melalui bahan-bahan yang digunakan, bahan-bahan tersebut hanya di dapat di Manggarai. 

Kulineran Khas Labuan Bajo
Banana Cake ( Instagram : @mukucookies )

13. Ikan Cara

Kamu juga bisa membawa oleh-oleh Labuan Bajo yang berupa ikan. Salah satu jenis ikan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah ikan cara. Seperti apakah bentuk dari ikan cara? Bentuk ikan ini adalah pipih dan kecil serta dijual dengan cara ditimbang atau diikat. Makanan khas Labuan Bajo ini sangat cocok digoreng kering dan dinikmati dengan cocolan sambal terasi. 

Kulineran Khas Labuan Bajo
Ikan Cara ( Instagram : @bibianalamanepa )

14. Ikan Kering

Selain ikan cara, dari Labuan Bajo kamu juga bisa membawa ikan kering sebagai oleh-oleh. Letak Labuan Bajo yang berada di pesisir pantai memang menghasilkan banyak jenis ikan. Agar awet dan bisa dibawa sebagai oleh-oleh para turis yang ada di sana, nelayan mengolahnya menjadi bentuk kering. Aneka ikan kering bisa kamu beli dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

15. Kopi Flores

Ternyata tak hanya makanan khas saja yang wajib dicicipi tetapi ada minuman yang tak kalah nikmat. Ya, kopi Flores akan menjadi sajian minuman yang membuat ketagihan. Apalagi kalau kamu adalah seorang penggemar kopi. Minuman kopi hitam nikmat yang diolah secara tradisional dengan cara disangrai.

Kopi Flores ( Instagram : @deflo.cafeoleoleo)

16. Kopi Manggarai

Jenis kopi lokal dari Labuan Bajo lainnya adalah kopi Manggarai. Tidak kalah nikmat rasanya dengan kopi flores yang akan memanjakan lidah penggemar kopi. Kopi merupakan suguhan wajib bagi para tamu yang datang ke daerah Labuan Bajo. Ini adalah sebuah bagian yang tidak terpisahkan dari tradisi kuliner Labuan Bajo.

Hampir setiap market atau toko oleh-oleh khas Labuan Bajo sudah banyak yang menjual Kopi FLores dan Juga Kopi Manggarai dalam bentuk kemasan. Di bandara pun juga sudah banyak tersedia toko-toko yang menjual kopi-kopi tersebut.

Dan tentunya berwisata tak akan lengkap kalau belum menyantap kulineran khas Labuan Bajo. Jangan lupa untuk menyiapkan segala kebutuhan wisata anda dengan baik sebelum berkunjung. Memanfaatkan paket wisata labuan bajo tour yang telah tersedia untuk meminimalisir budget yang harus dikeluarkan.

Chat WhatsApp whatsapp